Monday, April 2, 2012

Louis Vuitton, Kok BIsa Mahal Banget?!


Kali ini gw akan bercerita tentang pengalaman gw yang mau membeli tas Louis Vuitton (LV).

Pada suatu bulan yang sudah tidak terlalu dingin lagi... Cici gw yang kedua mengutus gw untuk membeli suatu tas terkenal. Dia bilang mereknya "Louis Vuitton" atau lebih dikenal dengan initial "LV". Dia berharap bahwa harga tas tersebut bisa lebih murah disini daripada di Indonesia karena Germany dan Perancis (si pembuat LV) merupakan anggota dari European Union (seperti ASEAN di Asia). Jadi, pergilah gw mengembara ke kota lain untuk menyelesaikan quest ini.

Sebelumnya, gw harus memberi tahu ke kalian bahwa gw bukanlah orang yang mengikuti fashion. Misalnya, tidak ada masalah bagi gw untuk tetap memakai sepatu gw yang sudah bolong. Jam tangan gw yang sekarang gw beli di tahun 2007. Dan, gw pun masih nyaman dengan celana gombrong kebanggan gw jaman waktu masih SMA. Hehe. Bokap dan nyokap gw selalu ngoceh tentang kebiasaan gw ini, biasanya bokap gw akan terus nawarin jam tangannya dia ke gw seperti sales yang sudah kepepet dikejar-kejar kredit rumah yang tak kunjung lunas dan nyokap gw akan ngedumel soal sepatu yang bolong dan celana yang udah butut. Haha. Singkat kata, gw gak pernah tahu tentang tas bermodel kelas atas seperti LV dan karena itulah gw SHOCK saat mengetahui harga tas koleksi LV!!

Quest pun dimulai. Gw memulai petualangan mencari tas ini di kota lain, karena Aachen adalah kota kecil dan tidak mempunyai official store LV. Sesampainya di toko, gw langsung menunjuk suatu tas yang menurut gw harganya gak akan lebih dari apa yang bayangkan. Cici gw sudah bilang kalau tas LV itu mahal sekali, jadi gw membuat kisaran harga sekitar 500 EUR.

Tas ini seharga iPhone, tapi tidak menyediakan fitur GPS!!!

Tas sudah didepan mata. Saatnya mengenal lebih dekat dengan tas coklat ini. Gw pun mulai mengintegorasi salah satu karyawan disana.

Me : Hi, how much for this bag?
Seller : It's 710 EUR.
Me : *SHOCK!!! But still pretend to be cool*
Seller : It also has one pocket inside, but you don't have to use it if you don't want it.
Me : Does it has a warranty? (the real question in my head: Does it has a GPS function? I am sure I really want to use that feature if this 710 EUR bag is missing!!)
Seller : Yes, it's has 2 years of world-wide warranty. You could claims to us in that period and we will repair the bag for you.
Me : Ohh... So, I will not get the new bag but you will just repair the bag for me. (the real thought in my head: This thing costs me an iPhone, so why I don't get the same good warranty like Apple? Two years of warranty and replace with a new iPhone if it's broken!! :P)
Seller : Yes, we will just repair the bag for you.
Me : One last question, could I take a photo of this bag? Because this bag is actually for my sister.
Seller : No, Sir. But you could... *and so on.. and so on..*

Setelah keluar dari toko, gw langsung memberitahu cici gw tentang informasi tas ini. Dan reaksi dari dia adalah "Mission's cancelled! Buy me something else!" Haha. Sudah seperti yang gw duga, tas ini terlalu mahal... Tapi KENAPA?! Gw penasaran dan ingin tahu... Apakah tas ini bisa membuat wanita terlihat 10x lebih cantik dan modis jika memakainya? Haha. Anyway, inilah hasil Googling gw tentang kenapa tas dengan brand ini bisa begitu mahal.
  1. Louis Vuitton sudah berdiri sejak tahun 1800 dan mereknya sudah terkenal oleh seluruh dunia dalam memberikan produk terbaik dan menjamin kualitas di setiap produk yang mereka hasilkan.
  2. Setiap tas LV adalah buatan tangan sehingga dibutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk memproduksi sebuah tas. Selain itu, tas tersebut bisa bertahan selama seumur hidup karena diciptakan dengan bahan yang tahan lama. LV juga sangat peduli dengan detail dan rincian jahitannya, karena itu jahitan ditas mereka sangat rapih dan bersih.
  3. Tas LV diklaim memiliki kemampuan tahan air dan tahan api. Canvas digunakan untuk material tahan air dan PVS digunakan untuk material tahan api. Bahkan ada legenda bahwa barang-barang yang tersimpan di dalam tas LV masih utuh didalam kapal Titanic yang tenggelam!
  4. Fashion yang diciptakan oleh tas mereka ini berlangsung secara abadi. Jadi jangan takut ketinggalan jaman di 10 tahun kedepan jika kalian baru saja membeli tas merek ini.
Yupz! Setidaknya rasa penasaran gw cukup terjawab dengan 4 alasan utama diatas. Walaupun gw masih tidak mau mengakui dan menerima bahwa harga tas merek LV bisa semahal itu. Haha. Apa pendapat kalian tentang tas ini? Apakah 4 alasan tersebut masuk akal sehingga tas merek ini bisa semahal itu?

Oh ya, Russell Peters juga pernah membuat lelucon tentang tas mahal ini. Jika kalian belum pernah menonton aksinya atau bahkan belum tahu siapa pelawak India tapi berkebangsaan Kanada ini, gw sangat menganjurkan untuk menontonnya!! Tapi gw ingatkan, lelucon dia sangat racist dan harus diterima dengan pikiran yang sangat terbuka. Hehe. =)


[Informasi Terbaru]
Jika kalian suka dengan gurauan Russell Peters, maka berbahagialah kalian semua karena dia akan DATANG untuk menghibur Indonesia! *tapi derita buat gw karena gak bisa ikut nonton... huhu... T-T* Silahkan cek informasinya disini.

Credits:
http://www.louis-vuitton-e-store.net
http://homesteadblogger.com